Belakangan ini saya penasaran, kenapa sih di template-template website sering ditemukan paragraf lorem ipsum dolor sit amet, consectetur…?

Itu bahasa apa ya? asalnya darimana? kenapa dijadikan standar? la la la dan sebagainya.

Apakah kita senasib?  😀

Saking penasarannya, saya ngobrak-abrik google.

And then… ditemukanlah satu halaman unik yang membahas masalah ini, http://id.lipsum.com

 

 

Jadi, Apa sih Lorem Ipsum itu?

Sudah merupakan fakta bahwa seorang pembaca akan terpengaruh oleh isi tulisan dari sebuah halaman saat ia melihat tata letaknya.

Nah, Lorem ipsum ini adalah contoh teks (dummy) yang digunakan dalam industri percetakan dan penetaan huruf (type setting).

Ia telah dijadikan standar sejak tahun tahun 1500-an dan mulai populer pada tahun 1960 dengan diluncurkannya lembaran-lembaran letraset dan software desktop publishing seperti Aldus Pagemaker.

Maksud penggunaan Lorem Ipsum adalah karena ia kurang lebih memiliki penyebaran huruf yang normal, ketimbang menggunakan kalimat seperti “bagian isi disini, bagian isi disini”, sehingga ia seolah menjadi naskah inggris yang bisa dibaca.

 

Dari mana sih asalnya ?

Ternyata Lorem Ipsum bukanlah teks-teks yang diacak. Richard McClintock, seorang professor bahasa latin dari Hampden-Sidney College di Virginia, mencoba mencari makna salah satu kata latin yang dianggap paling tidak jelas, yakni consectetur, yang diambil dari salah satu bagian Lorem Ipsum. Setelah ia mencari maknanya di literatur klasik, ia mendapatkan sebuah sumber yang tidak bisa diragukan.

Lorem Ipsum berasal dari bagian 1.10.32 dan 1.10.33 dari naskah “de Finibus Bonorum et Malorum” (Sisi Ekstrim dari Kebaikan dan Kejahatan) karya Cicero, yang ditulis pada tahun 45 sebelum masehi. Buku ini adalah risalah dari teori etika yang sangat terkenal pada masa Renaissance. Baris pertama dari Lorem Ipsum, “Lorem ipsum dolor sit amet..”, berasal dari sebuah baris di bagian 1.10.32.

Bagian 1.10.32 dan 1.10.33 dari “de Finibus Bonorum et Malorum” karya Cicero juga di reproduksi persis seperti bentuk aslinya, diikuti oleh versi bahasa Inggris yang berasal dari terjemahan tahun 1914 oleh H. Rackham.

Oke, demikian yang dapat saya sampaikan. Semoga bisa membantu kamu yang juga penasaran terhadap si Lorem ipsum. 🙂

Advertisements